Cinta Terlarang (Call Me By Your Name)
Andre Aciman | PT Serambi Ilmu Semesta

Iacta alea est, dadu sudah terlanjur dilempar. Maka tak ada jalan untuk kembali pulang.

Elio tak mungkin bisa mengembalikan waktu dan membohongi perasaannya. Elio harus berhadapan dan berperang dengan hati kecilnya sendiri. Sebuah keniscayaan yang coba dipungkiri dan dikubur dalam- dalam. Elio mencoba mengkhianati dan melawan takdir.

Sebuah kisah perjuangan cinta kaum homoseksual. Pergolakan perasaan Elio digambarkan begitu detil dan panjang di hampir separuh pertama isi buku. Sehingga mungkin akan sedikit membosankan bagi anda penyuka bacaan seru sekaligus penuh dengan kejutan. Andre Aciman memang seolah meminta pembacanya untuk benar-benar memahami tokoh Elio. Kepribadiannya, pergolakan batinnya serta perjuangannya untuk menemukan cinta sejati.

Bagi Elio, menemukan Oliver seperti menemukan jalan untuk pulang. Andre Aciman seperti benar-benar menyelami kehidupan seorang gay, sebelum menuangkannya dalam sebuah tulisan. Termasuk bagaimana kaum tersebut melakoni aktifitas seksualnya. Bahkan Andre pun mampu menggambarkan dengan nyaris sempurna, efek dari setiap sentuhan sekecil apapun antara Elio dan Oliver. Tak heran jika buku terbaik Publisher Weekly 2007 ini juga meraih Rauxa Award 2007 dan didaulat sebagai novel erotis terbaik.

Memang butuh kesabaran dan waktu lebih banyak, jika anda ingin mengikuti dan akhirnya bisa menikmati setiap alur cerita. Namun jika anda telah membaca keseluruhan isi cerita, maka dijamin anda akan menemukan pengalaman baru. Anda akan merasa seolah-olah telah mengenal dengan baik sosok Elio dan Oliver, yang coba digambarkan Andre sebagai representasi kaum homoseksual.

Bagaimana kehidupan mereka dan cara mereka untuk mempertahankan eksistensi. Namun tentu saja tolak ukurnya tidak bisa dipakai di negara ini, mengingat masyarakat kita yang masih menganggap kaum gay sebagai bagian dari mereka yang terpinggirkan.